• Breaking News

    Sunday 29 January 2017

    Waspadai beberapa penyakit musim panas ini

    Sumber : sehatplus

    Dilansir dari buku harmony YPMI - Hawa panas dan kering semakin terasa belakangan ini. Debu pun berterbangan karena hujan lama tidak turun. Kondisi cuaca semacam ini sudah sepatutnya membuat kita lebih waspada terhadap penyakit yang dapat menyerang kapan saja.


    Siapa bilang penyakit lebih mudah datang ketika musim penghujan saja? Musim panas seperti saat ini pun bisa membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit, karena pada musim ini daya serang kuman dan virus semakin meningkat.

    Oleh karena itu, untuk menambah wawasan sobat-sobat di rumah, berikut saya tulis berberapa penyakit yang harus sobat waspadai ketika musim panas seperti saat ini. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama!

    1. Infeksi saluran pernafasan (ISPA).
    Ketika hujan sudah tidak lama turun, virus yang bercampur dengan debu mudah menyebar saat musim kemarau yang berangin. Hal ini berpotensi menyebabkan debu mengiritasi saluran pernafasan sobat yang kemudian menjadi infeksi saluran pernafasan bagian atas. Sehingga muncul gangguan kesehatan pada tenggorokan, pita suara, dan amandel.
    2. Diare
    Musim kemarau juga membuat kualitas air menjadi terganggu, sehingga pasokan air pun menjadi terbatas. Hal ini membuat pencucian bahan mentah maupun peralatan makan menjadi terbatas.
    Selain itu, jumlah debu yang banyak berakibat pada makanan, terutama makanan di pinggiran jalan yang mudah terkontaminasi dengan debu yang bertebaran di udara.
    3. Demam berdarah
    Ketika udara disekitar panas, jumlah nyamuk dan virus yang ditularkannya semakin meningkat, sehingga kasus demam berdarah dan malaria semakin banyak. Penyakit ini lebih mudah menyerang wilayah yang kering dan gersang.
    4. Dehidrasi
    Dehidrasi adalah hal yang paling sering terjadi pada saat musim panas. Banyaknya keringat yang keluar bisa memperparah keadaan ini. Oleh karena itu, diperlukan banyak asupan cairan yang dikonsumsi agar tubuh tidak kekurangan cairan. 

    Kerusakan lingkungan yang berdampak pada pemanasan global semakin membuat iklim tidak menentu. Akibatnya, tubuh menjadi sulit beradaptasi dan waktu penularan penyakit pun menjadi semakin sulit diprediksi.

    Peningkatan temperatur akibat teriknya sinar matahari akan memperluas penyebaran penyakit. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan dari penyakit-penyakit di atas, mari kita simak beberapa tips dari Dr. Christianti berikut ini :
    • Perbanyak minum air putih. Pastikan bahwa asupan cairan harian dapat memenuhi kebutuhan keseharian sobat (sekitar 2 liter per hari).
    • Konsumsi makanan bergizi yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral agar daya tahan tubuh sobat tetap terjaga.
    • Istirahat yang cukup sangat diperlukan setiap harinya, supaya tubuh benar-benar fresh dan fit, sehingga pengembalian energi yang telah dikeluarkan menjadi lebih cepat. Waktu yang diperlukan untuk istirahat cukup sekitar 6-8 jam per harinya.
    • Berolahraga ringan secara teratur setiap harinya selama 30 menit, misalnya dengan berjalan santai di sekitar rumah, atau pilih olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar pergi bekerja.
    • Jaga selalu kebersihan tubuh sobat dan lingkungan, dengan cara :
    1) mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Hal ini untuk menghindari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat mulut, hidung, maupun kulit sobat. 
    2) Menjaga kebersihan rumah dengan menguras bak mandi, menutup genangan air, dan membuang sampah pada tempatnya. 
    • Pakailah masker penutup hidung jika sobat berada di lingkungan yang berdebu, penuh asap rokok, asap knalpot, asap pembakaran sampah, dan sedikit menjauh dari lingkungan orang-orang yang sedang sakit.
    • Pakailah pakaian yang sesuai dengan suhu udara. Jika cuaca panas, gunakanlah pakaian yang longgar dan menyerap keringat seperti katun dan kaos, atau bisa juga dengan memakai payung dan topi untuk menghindari tubuh dari teriknya sinar matahari.
    Perubahan cuaca saat ini silih berganti dengan cepat tanpa diketahui sebelumnya, sama halnya dengan penyakit yang bisa menyerang kapan saja.  Setelah sobat lakukan beberapa tips di atas, resiko terkena penyakit pun menjadi berkurang. InsyaAllah dengan usaha dan kemauan sobat, penyakit-penyakit diatas tidak akan merusak keseharian sobat hehe...

    No comments:

    Post a Comment

    Health

    Sains

    Tips Sehat