• Breaking News

    Saturday 3 September 2016

    Olahraga ringan dan menyehatkan setelah bangun tidur

    Sumber : Hipwee.com
    Bangun pagi merupakan hal yang wajib dilakulan sebelum mengawali segala aktivitas. Bangun pagi ini ternyata banyak loh manfaatnya (nanti akan dibahas dibawah ya). Bagi sobat yang belum tau simak sedikit ulasan di bawah ini.

    Bangun tidur kesiangan mungkin bukan hal yang asing lagi, tapi akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh sobat. Mulai dari rasa pegal-pegal pada tubuh sampai terkena sakit migrain. Untuk itu selalu lakukan bangun pagi paling lambat jam 5 (saran saya) agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

    Setelah bangun pagi alangkah baiknya untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan, kenapa hal ini perlu? Sebab tubuh seseorang setelah tidur masih belum bekerja dengan baik. Jadi perlu adanya olahraga yang simpel setelah bangun tidur agar tubuh tidak terkejut saat melakukan rutinitas setiap harinya.

    Mengenai olahraga yang simpel  di pagi hari ada banyak sekali bentuknya, dan manfaatnya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu jika sobat ingin agar tetap hidup sehat dengan olahraga yang ringan, maka sobat harus mengikuti beberapa tips menarik berikut :

    APemanasan

    Pemanasan merupakan olahraga yang paling ringan sekaligus untuk melemaskan otot-otot. Diawali dengan gerakan statis, dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis.
    • Kepala. Lakukan gerakan menengokan kepala ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah dengan bantuan tangan.
    • Tangan. Gabungkan jari-jari anda kesela-sela jari tangan lainnya, lalu regangkan lurus ke arah atas, ke bawah sampai menyentuh tanah, lalu ke kanan dan ke kiri.
    • Kaki. Tekuk lutut ke atas sampai menyentuh dada, tekuk kebelakang sampai menyentuh punggung, lalu luruskan salah satu kaki dengan kaki lainnya ditekuk.

    Gerakan-gerakan simple di atas, merupakan gerakan yang sering digunakan oleh sebagian besar orang dalam melakukan pemanasan. 


    Pemanasan ini berguna untuk meregangkan otot-otot yang kaku setelah bangun tidur, serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh manusia.

    B. Berjalan santai di sekitar rumah.

    Berjalan santai di pagi hari juga akan memperlancar peredaran darah pada tubuh. Saat melakukan kegiatan ini sebaiknya untuk tidak memakai alas kaki dan usahakan berjalan di atas bebatuan agar aliran darah pada telapak kaki sobat semakin membaik.

    Walaupun dianjurkan untuk berjalan di atas bebatuan, sobat juga harus berhati-hati agar kaki sobat tidak terluka karena terkena batu dan benda tajam lainnya.

    C. Naik turun tangga secara bertahap

    Lakukan gerakan naik turun tangga cukup selama 5 menit, dan hasil dari gerakan ini sobat bisa merasakan beberapa manfaat, yaitu memperkuat otot-otot kaki, meningkatkan kebugaran, melatih dan meningkatkan kinerja jantung, serta mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

    Alangkah baiknya jika sobat melakukan gerakan ini secara rutin dan tambahkan kecepatan naik turun sobat agar lebih terasa manfaatnya.

    D. Lakukan push up dan sit up


    Setelah lakukan jalan santai di sekitar rumah, lakukan push up untuk memperkuat otot lengan sobat dan lakukan sit up untuk memperkuat otot perut sobat.

    Lakukan push up dan sit up mulai dari 10 kali, lakukan secara rutin setiap hari di minggu pertama. Setelah itu pada minggu-minggu selanjutnya dianjurkan untuk menambah jumlah gerakan tadi secara bertahap.

    E. Jogging

    Jogging atau berlari-lari kecil adalah olahraga yang paling sering dilakukan orang Indonesia di pagi hari. Banyak manfaat yang di hasilkan dari jogging, untuk lebih lengkapanya baca artikel ini 9 manfaat jogging di pagi hari

    Setelah berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar tubuh anda kembali segar. Baca Hal-hal yang baik anda lakukan setelah berolahraga

    Itulah 5 jenis olahraga yang cocok untuk sobat lakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Jika sobat belum merasakan manfaatnya maka apa salahnya untuk di coba mulai besok.

    Mudah-mudahan sedikit coretan di atas bisa bermanfaat bagi kesehatan sobat serta menambah wawasan tentang seputar dunia kesehatan.

    Sekian dan terima kasih

    19 comments:

    1. Jika belum sarapan dan dalam kondisi lapar apakah boleh di anjurkan olahraga min?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau menurut saya yah gan. Gak papa, asal jangan olahraga yang berat". Tapi ada juga yang langsung olahraga berat habis bangun tidur kok. Jadi tidak masalah, udah atau belum sarapan tergantung kita sendiri yang merasakan kondisi tubuh kita sendiri. Oke

        Delete
    2. sy mah jalan trs kemana-mana hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jalan terus biar sehat ya? Bagus deh yang penting jangan kesasar :D

        Delete
    3. Yng nomor 3 sering saya lakuin gan.
      Waktu ngejar" dosen semasa kuliah dulu hehehehe

      ReplyDelete
    4. Mantap...ini perlu diterapkan oleh setiap individu ni

      ReplyDelete
    5. nice info gan,, boleh dicoba nih

      ReplyDelete
    6. Kalo saya biasanya jalan2 santai, habis itu makan dan biasanyahbis itu ngantuk lagi (kadang tidur). Kalo seperti ini baik enggak Min??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau tidur lagi mah srbaiknya jangan, kalau kurang tidur krna bergadang mungkin bisa tidur lagi :v tapi tidur jam 6 - 11 biasanya bikin badan panas pegel dan bla bla bla

        Delete
    7. Pemanasan tuh yang paling baik

      ReplyDelete
    8. boleh dicoba nih, kebetulan ane kurang olahraga

      ReplyDelete
    9. klo ngelakuin 5 hal itu memang enak gan, jdi bugar dan dpt menjalani hari dg lebih gembira

      ReplyDelete

    Health

    Sains

    Tips Sehat