• Breaking News

    Saturday 30 July 2016

    Akibat jika tidak menyikat gigi


    Sebenarnya apa fungsi utama menyikat gigi? Mengapa kita harus menyikat gigi? Pastinya anda sudah mengetahuinya bukan?


    Ya, kita menyikat gigi supaya terbebas dari sisa-sisa makanan dan terbebas dari segala permasalahan yang timbul akibat sisa-sisa makanan tersebut. Lalu apa saja permasalahan yang terjadi jika tidak menyikat gigi?

    Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

    1. Menyebabkan gigi berlubang.

    Permasalahan gigi berlubang sudah sangat femiliar di telinga kita. Hampir semua orang pernah mengalaminya pada masa kanak-kanak bahkan pada masa lanjut usia. Oleh karena itu biasakan untuk menyikat gigi 2 kali sehari, sesudah makan dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi berkalsium untuk mencegah timbulnya lubang pada gigi.

    2. Timbulnya karang gigi.

    Karang gigi atau kalkulus gigi terbentuk dari endapan dari campuran plak-plak dengan zat kapur yang ada pada air liur yang apabila bercampur dengan sisa-sisa makanan akan membentuk tumpukan yang lama-kelamaan mengeras membentuk karang gigi. 

    Untuk itu selalu bersihkan gigi anda sampai kesela-sela. Bila perlu gunakan cairan antiseptic agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    3. Menurunkan daya tahan gigi.

    Kurangnya menggosok gigi secara teratur akan mengakibatkan berkurangnya daya tahan gigi. Hal ini sering dikeluhkan oleh orang yang berumur 50 tahun ke atas, diantaranya adalah timbul retak pada permukaan gigi atau bahkan bisa patah.

    Dengan demikian, gosoklah gigi secara teratur supaya anda tidak mengeluhkan hal ini.

    4. Mengeluarkan bau yang tidak sedap.

    Terkadang, bau yang tidak sedap selalu muncul dari dalam mulut. Bau yang tidak sedap ini disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang ada di mulut dan lubang yang timbul pada gigi. Untuk mengurangi bau yang keluar dari mulut, anda bisa mengkonsumsi

    5. Timbul rasa sakit pada gigi.

    Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi. Tetapi, apa yang menyebabkan rasa sakit itu timbul? Jawabannya adalah karena sisa-sisa makanan yang masuk ke lubang gigi anda. Oleh sebab itu gunakan pasta gigi yang banyak mengandung kalsium.

    6. Perubahan warna pada gigi.

    Banyaknya sisa makanan yang menempel pada gigi dapat menimbulkan noda kuning, bahkan coklat pada gigi. Ada juga gigi yang berwarna hitam. Penyebabnya adalah terlalu banyak makan makanan yang manis tanpa menggosok gigi secara teratur.

    Ciri-ciri gigi yang sehat adalah bersih, putih dan kuat. Sekarang coba periksa gigi anda, apakah sudah memiliki ketiga ciri-ciri tersebut? Setelah menyimak akibat-akibat diatas, apakah anda masih berani tidak menyikat gigi?

    Demikianlah artikel yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Cegahlah selagi bisa, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

    Sekian danerima Kasih

    1 comment:

    Health

    Sains

    Tips Sehat