• Breaking News

    Saturday 30 July 2016

    Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kopi

    Sudah menjadi kebiasaan masyarakat indonesia untuk mengkonsumsi kopi dipagi hari, khususnya pada orang dewasa.


    Menurut mereka, minum kopi dipagi hari dapat menghasilkan tenaga dan memicu semangat walaupun tidak sarapan.

    Nah jika tidak meminum secangkir kopi dipagi hari, mereka akan kehilangan semangat untuk beraktivitas. Padahal ada beberapa akibat yang timbul jika mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu yang lama.

    Tetapi sebelum itu mari kita bahas manfaat dari kopi terlebih dahulu.
    10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

    1. Kopi dapat menghilangkan depresi.

    Menurut penelitian dalam study Harvard tahun 2011, bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi per hari, mempunyai risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi. Pas nih buat kamu yang lagi galau hehe.

    2. Kopi dapat meningkatkan daya otak.

    Ternyata kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kualitas daya ingat seseorang. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian di Amerika menemukan fakta bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi per hari dapat menambah kualitas memori jangka pendek dan kecepatan reaksi otak.

    3. Kopi dapat meningkatkan kemampuan berfikir.

    Gak nyangka kalau meminum secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak, yaitu daya ingat, suasana hati, kewaspadaan, reaksi, dan pola fikir seseorang. Wow bisa dicoba nih.

    4. Menjaga kesehatan hati.

    Sejumlah penelitian menunjukan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko terkena gagal hati, sirosis hati bahkan kanker hati.

    Sakit hati bisa gak?

    5. Mempercepat metabolisme tubuh.

    Kopi dapat merangsang sistem kerja tubuh untuk mempercepat proses metabolisme tubuh. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Karena itu, kopi sangat bagus untuk anak muda, tapi jangan kebanyakan ya.



    6. Terhindar dari penyakit liver.


    Penelitian menunjukan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati sebesar 80%.

    Kalau gak percaya coba aja ya gan.

    7. Memberi nutrisi bagi tubuh.

    Selain kafein, kopi juga mengandung nutrisi lainnya yang berguna bagi tubuh, yaitu vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, mangan, potasium dan magnesium.

    8. Sumber anti oksidan.

    Kopi juga mengandung anti oksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan baik untuk kesehatan kulit.

    9. Menyegarkan badan.

    Secangkir kopi di pagi hari akan membuat tubuh sobat segar kembali dan semangat untuk memulai aktivitas. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan energi dan daya konsentrasi sobat.

    10. Menurunkan berat badan.

    Setelah sobat mengkonsumsi kopi di sore hari bisa membuat nafsu makan sobat akan berkurang. Selain itu, kopi juga dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh sobat.

    Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, ternyata kopi juga mempunyai dampak buruk bagi kesehatan loh.




    10 dampak buruk minum kopi bagi kesehatan.


    1. Detak jantung tinggi.

    Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan frekuensi detak jantung. Bagi para penderita serangan jantung sebaiknya jangan dulu deh mengonsumsi kopi, takut kenapa-napa



    2. Menurunkan daya tahan tubuh.


    Biasakan untuk minum air putih setelah meminum kopi. Hal ini harus sobat lakulan karena kandungan kafein pada kopi ternyata dapat menyerap vitamin, mineral dan cairan yang ada pada tubuh.

    3. Insomnia atau susah tidur.

    Kopi bisa menjadi pilihan untuk terjaga dari tidur. Namun, pemakaian yang berlebihan malah akan menyebakan insomnia atau penyakit susah tidur.


    Tau kan rasanya kalau susah tidur?


    4. Merusak kesehatan gigi.


    Kerusakan gigi tersebut meliputi gigi berlubang, gigi menjadi kuning atau bahkan menjadi hitam dan dapat menimbulkan karang gigi.

    5. Hipertensi.

    Senyawa yang ada pada kopi ternyata dapat meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu tidak dianjurkan bagi para penderita hipertensi untuk mengkonsumsi kopi.

    Kalau gak, nanti malah jadi supertensi.

    6. Timbul perasaan gelisah.

    Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan perasaan gelisah, jantung berdebar-debar, tangan gemetar, dan muntah-muntah.

    Kayak orang lagi sakit aja



    7. Osteoporosis.


    Terlalu sering meminum kopi juga dapat mempercepat proses pengeroposan tulang (osteoporosis), terlebih lagi pada wanita yang sudah mengalami menopause.

    8. Kram otot

    Menurut beberapa penelitian, kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi kadar creatin serum dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kram pada otot, terutama pada otot kaki.

    9. Susah buang air besar

    Kopi juga merupakan salah satu penyebab seseorang susah untuk buang air besar.

    Apa? Tidakkk...

    10. Mudah berkeringat

    Ternyata kandungan kafein pada kopi juga dapat mengakibatkan tubuh cepat mengeluarkan keringat dari biasanya, walupun tidak melakukan aktifitas yang berat.

    Cuplikan diatas merupakan sedikit informasi yang dapat saya bagikan. Selain manfaat yang dapat kita rasakan dari mengonsumsi kopi, ternyata juga tidak sedikit bahaya yang ditimbulkan. 

    Oleh sebab itu, konsumsilah sesuatu yang kita sukai sesuai dengan porsinya agar hal yang sobat sukai tidak menjadi hal yang soat benci di kemudian hari.

    Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat dan wawasan sobat sobat di rumah.

    Sekian dan terima kasih

    6 comments:

    1. wah jadi tau, jangan lupa kunjungi juga https://lumbungresep.blogspot.co.id/2016/07/resep-gulai-ikan-gurame-pedas.html

      ReplyDelete
    2. Itu efek negatifnya emang gitu gan.. Makanya ane jarang minum kopi hehe

      ReplyDelete
    3. wah ane sering ngopi mulai sekarang dikurangi dah

      ReplyDelete
    4. Gua kopi banget plus minus jangan berlebihan pokoknya

      ReplyDelete

    Health

    Sains

    Tips Sehat