• Breaking News

    Wednesday 27 July 2016

    Upaya Menjaga Kesehatan Mata, Telinga, Hidung, dan Lidah



    Cara-Cara Menjaga Kesehatan Mata

    1. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran.

    Jika anda ingin mata anda selalu sehat, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang banyak nengandung vitamin A. Contohnya adalah wortel. Kenapa harus wortel? Jawabannya karena wortel mengandung 210% vitamin A dari kebutuhan orang dewasa per harinya. Vitamin A ini berfungsi untuk memperbaiki kinerja mata terhadap rangsangan yang diterima oleh retina mata dan dikirim ke otak sebagai sebuah impuls gambar atau objek.

    2. Hindari pemakaian kacamata yang terlalu lama.

    Penggunaan kacamata yang terlalu lama akan menimbulkan efek ketidak nyamanan pada mata anda. Hindari pemakaian kacamata lebih dari 19 jam per hari, karena dapat menyebabkan penglihatan mata anda menjadi semakin buruk. Misalnya pada saat menonton TV, bersantai, melakukan pekerjaan rumah, dll. Penggunaan kaca mata hanya diperuntukan untuk beberapa kegiatan tertentu seperti membaca, menulis, dan kegiatan lainnya yang membutuhkan ketelitian.

    3. Jauhi kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer.

    Hindari mengoperasikan komputer lebih dari 4 jam. Apabila melebihi 4 jam, maka mata anda akan tidak sanggup lagi menerima cahaya dari layar komputer. Hal ini ditandai dengan gejala penglihatan kurang jelas, mata menjadi merah,dan berair. Solusi lain dari penggunaan komputer yaitu dengan menurunkan kontras layar komputer anda.

    4. Jangan melihat secara langsung cahaya yang terlalu terang.

    Memandang cahaya langsung terlalu lama akan berdampak buruk. Misalnya memandang matahari atau lampu senter.

    5. Matikan lampu sebelum tidur.

    Matikan lampu untuk menghindari proses kerusakan mata saat sedang tidur. Bagi anda yang takut kegelapan,  gunakanlah lampu tidur yang dayanya kurang dari 5 watt.

    6. Jangan membaca di tempat yang redup.

    Lakukan kegiatan membaca dengan cahaya yang cukup, tidak redup dan tidak terlalu terang. Posisi badan harus tegap dan batasi jarak mata anda 30 cm dari objek yang dibaca.

    7. Jangan kucek mata.

    jika mata anda kemasukan sesuatu seperti pasir dan tanah, usahakan untuk tidak mengucek mata, apa lagi ketika tangan dalam keadaan kotor. Karena tangan yang kotor mengandung bakteri-bakteri yang dapat menginfeksi mata atau bahkan merusak mata. Hal yang paling tepat adalah memakai obat tetes mata sesuai dosis yang dianjurkan.

    8. Kurangi dosis pemakaian obat tetes mata.

    Pemakaian obat tetes mata memang baik untuk membersihkan mata yang kotor, tetapi jika pemakaian obat tetes yang berlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatan mata, cukup dengan 2-3 tetes perhari atau saran dari dokter.

    9. Periksa mata.

    Lakukan pemeriksaan rutin minimal 1 tahun sekali dan konsultasikan gangguan-gangguan mata anda ke dokter.

    10. Hindari polusi yang berlebihan.

    Jagalah mata anda dari polusi seperti asap rokok dan asap kendaraan. Bila perlu dengan menggunakan kacamata.

    Cara-Cara Menjaga Kesehatan Telinga

    Penyebab gangguan pendengaran yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari adalah kotoran telinga, efek suara keras dan masuknya benda asing. Jika hal itu di abaikan, maka akan mengakibatkan hilangnya pendengaran secara permanen. Pastinya anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Maka lakukanlah beberapa tips di bawah ini!

    1. Bersihkan telinga secara teratur

    Agar telinga anda tetap bersih dan sehat bersihkan telinga minimal 1 minggu sekali menggunakan cutton bud yang tidak terlalu besar dan mempunyai tekstur kapas yang lembut. Dorong secara perlahan agar kotoran di dalam telinga tidak semakin terdorong kedalam. Jangan sekali-kali menggunakan alat-alat yang tajam agar tidak melukai dan menginfeksi bagian dalam telinga.

    2. Kurangi penggunaan earphone dan headset.

    Pengguanaan earphone dan headset dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan turunnya daya pendengaran. Apalagi dengan suara keras.  Hal itu akan sangat berisiko merusak sistem pendengaran. Agar pendengaran anda selalu terjaga, alangkah baiknya jika anda lebih memilih speaker dibandingkan dengan earphone dan headset.

    3. Hindari diri anda dari lingkungan yang bising

    Lingkungan yang bising sering kita jumpai di berbagai tempat, seperti di proyek, tempat karaoke dan konser terbuka. Jangan terlalu dekat dengan perangkat pengeras suara, karena dapat menimbulkan ketulian pada telinga anda. Jika diperlukan, gunakan seperangkat pelindung telinga.

    4. Mengganti earphone dan headset.

    Jik anda merasa suara yang anda dengar dari earphone atau headset sudah tidak jelas, sebaiknya ganti dengan yang baru. Jangan sampai kerusakan tersebut menjadi penyebab kerusakan pendengaran anda.

    5. Kurangi pemakaian obat tetes telinga.

    Gunakan obat tetes telinga sesuai petunjuk yang telah disarankan dokter. Karena jika melebihi dosis yang dianjurkan, maka akan memberi efek gatal-gatal pada telinga dan keluar bau yang tidak sedap.

    6. Check up dengan para ahli

    Jika anda memiliki keluhan pendengaran, segera periksakan telinga anda ke dokter THT. Lakukan konsultasi dengan dokter dan ikuti petunjuk yang disarankan oleh dokter.

    Cara-Cara Menjaga Kesehatan Organ Hidung

    Hidung merupakan organ yang sangat sensitif dengan rangsang bau, sehingga disebut juga sebagai indera pembau. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan organ hidung agar selalu dalam keadaan prima.

    Selain itu organ hidung juga bertindak sebagai alat pernafasan yang harus selalu dalam keadaan bersih agar tidak menghambat proses pernafasan anda. Untuk itu anda perlu lakukan beberapa tips dibawah ini!

    1. Hindari tempat yang berpolusi.

    Saat melakukan aktivitas di tempat-tempat yang berpolusi seperti di jalanan, usahakan untuk menghindar dari tempat tersebut ke tempat yang lebih bersih. Hal ini bertujuan agar gas-gas berbahaya seperti gas CO dan gas CO2 agar tidak terhirup oleh hidung anda.

    Kenapa harus dihindari? Jawabannya adalah karena gas-gas tersebut dapat membuat sesak nafas dan batuk-batuk serta mengganggu proses pernafasan anda.

    2. Bersihkan lingkungan di sekitar anda.

    Lingkungan yang kotor dan berdebu menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan pada organ pernafasannya. Berikut ini adalah beberapa tips agar udara di sekitar anda tetap bersih, antara lain yaitu:
    • Setiap hari bersihkan lantai dengan cara disapu dan dipel.
    • Gantilah sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali.
    • Bersihkan tempat tidur, sofa, lemari dan perabotan rumah lainnya secara rutin.
    • Lengkapi rumah dengan ventilasi agar terjadi sirkulasi udara.
    • Bersihkan setiap debu yang menempel di perabotan rumah.
    3. Jauhi penyebab-penyebab alergi.

    Jika anda seorang penderita alergi, maka yang harus anda lakukan adalah mengurangi kontak langsung dengan sumber-sumber alergi seperti bulu kucing, serbuk bunga, dan asap rokok. Biasanya ciri-ciri orang yang terkena alergi adalah sering bersin-bersin, lubang hidung terasa gatal dan panas.

    4. Bersihkan kotoran yang menempel di hidung.

    Selalu bersihkan lendir yang keluar saat bersin menggunakan tisu atau handuk. Bersihkan juga kotoran yang menempel didalam hidung (bisa mengunakan jari tangan, dengan syarat jari dalam keadaan bersih)

    5. Hindari asap rokok.

    Lindungi hidung dari lingkungan yang banyak mengandung asap rokok. Hal ini perlu kita hindari karena asap rokok mengandung zat-zat yang berbahaya seperti karbon monoksida (CO), nikotin, dan tar yang dapat menyebabkan kerusakan bahkan dapat memicu kanker paru-paru.

    6. Kurangi kadar CO2

    Kadar CO2 yang tinggi di lingkungan sekitar kita harus segera ditangani, yaitu dengan cara cara menanam pohon di sekitar rumah. Pohon ini sangatlah berguna, karena dapat menyerap zat CO2 dan sekaligus mengubahnya menjadi gas Oksigen (O2).

    7. Hindari mengorek hidung dengan jari tangan yang kotor

    Tangan yang kotor merupakan salah satu sarana kuman untuk menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung. Oleh sebab itu bersihkan hidung dengan menggunakan tisu atau handuk yang telah dibasahi. Bisa saja menggunakan jari, tetapi harus dalam keadaan bersih/steril.

    8. Gunakan masker

    Sebaiknya gunakanlah masker saat udara sedang kotor atau di tempat yang berdebu, agar debu dan kotoran yang ada di sekitar anda tidak terhirup masuk ke sistem pernafasan anda.

    Cara-Cara Menjaga Kesehatan Lidah

    Lidah merupakan salah satu dari panca indera manusia yang berperan sebagai indera pengecap/perasa. Lidah terdiri dari bebapa bagian dan memiliki fungsi pengecap yang berbeda-beda. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kesehatan lidah agar setiap bagian lidah dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

    Perlu anda ketahui bahwa lidah mempunyai 4 bagian, yaitu :
    1. Pangkal lidah, berfungsi sebagai pengecap rasa pahit.
    2. Samping belakang, berfungsi sebagai pengecap rasa asam.
    3. Samping depan, berfungsi sebagai pengecap rasa asin.
    4. Ujung lidah, berfungsi sebagai pengecap rasa manis.

    Apabila salah satu bagian lidah anda mengalami masalah, maka hal itu akan mengganggu sistem indera pengecap anda. Pastinya anda tidak menginginkan hal itu bukan? Oleh karena itu lakukan beberapa tips mudah berikut!

    1. Sikat gigi.

    Pilihlah sikat gigi dengan tekstur bulu sikat yang lembut, agar kotoran-kotoran yang ada pada gigi dan gusi dapat diatasi. Sebaiknya anda akhiri dengan menyikat bagian lidah dan pastikan sisa makanan yang ada pada lidah juga ikut hilang.

    2. Pembersih lidah.

    Jika anda tidak terbiasa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah. Maka anda dapat menggunakan pembersih lidah yang dapat anda beli di toko-toko kesehatan. Tetapi anda harus berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak melukai lidah anda.

    3. Makanan

    Untuk mencegah timbulnya permasalahan pada gigi dan lidah anda, sebaiknya pilih makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Kurangi makan makanan yang terlalu manis dan terlalu pedas agar kesehatan mulut anda tetap terjaga.

    4. Berkumur setelah makan.

    Ini adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan jika tidak sempat untuk menggosok gigi. Biasakan untuk berkumur setelah makan dan malam sebelum tidur supaya sisa-sisa makanan pada gigi dan lidah anda dapat berkurang.

    5. Obat antiseptic.

    Jika anda kurang puas dengan hasil berkumur dengan air biasa, jangan khawatir anda juga bisa berkumur menggunakan antiseptic. Selain membersihkan gigi dan gusi, antiseptic ini juga dapat membersihkan noda putih pada lidah.

    6. Kunyit

    Apabila anda tidak biasa dengan obat antiseptic, ada alternatif kedua  yaitu menggunakan bahan alami. Anda bisa berkumur mengunakan bahan alami tradisional seperti kunyit. Caranya sangat sederhana, anda cukup mencampurnya dengan air biasa. Gunakan untuk berkumur disaat sebelum tidur.

    7. Mengunyah makanan.

    Berhati-hatilah saat mengunyah makanan. Sebab, sering kita alami terlukanya lidah karena tergigit oleh gigi sendiri. Yang harus anda lakukan adalah mengunyah makanan secara perlahan dan berhati-hati agar lidah anda tidak terinfeksi.

    8. Minuman

    Sebaiknya kurangi minum minuman yang terlalu panas dan dingin, karena dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi dan noda putih pada lidah.

    9. Aksesoris logam

    Hindari penggunaan aksesoris logam pada lidah. Contohnya adalah tindik. Tidak sedikit orang yang memakai tindik, padahal hal tersebut sangat berisiko terjadinya infeksi yang serius pada lidah.

    No comments:

    Post a Comment

    Health

    Sains

    Tips Sehat