• Breaking News

    Wednesday 27 July 2016

    Tips mudah agar hidup lebih sehat


    Kesehatan merupakan hal yang paling berharga, terutama kesehatan tubuh. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita sendiri? Oleh karena itu perlu adanya kesadaran dan tindakan untuk menjalankan pola hidup sehat.

    Sebenarnya penerapan pola hidup sehat tidaklah sulit. Kita hanya perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari yang dianggap sepele oleh sebagian orang, tetapi malah sangat besar manfaatnya bagi tubuh kita. Bagi anda yang ingin hidup sehat tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar, lakukan pola hidup sehat mulai dari yang paling sederhana.

    14 Tips Sederhana Agar Hidup
    Lebih Sehat

    1. Makan makanan yang bergizi

    Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat- zat makanan tersebut adalah sebagai berikut:


    A. Karbohidrat: berfungsi sebagai cadangan tenaga. Contoh: beras, jagung, kentang, gandum dan singkong

    B. Protein: berfungsi sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak, serta membantu proses pertumbuhan dan perkembangan.Contoh:telur,daging,ikan, kedelai,susu dan kacang- kacangan.

    C. Vitamin: berfungsi sebagai zat pengatur.
    -vitamin A: tomat,wortel,pepaya dan apel.
    -vitamin B1: beras merah,hati dan susu.
    -vitamin B2: susu,keju dan mentega.
    -vitamin B3: telut,hati dan ikan.
    -vitamin B5: mencegah penyakit  insomnia.
    -vitamin C: jeruk,cabai dan tomat.
    -vitamin D: susu
    -vitamin K: kedelai

    D. Lemak: berfungsi sebagai cadangan makanan dan penghasil energi.
    Contoh: daging dan ikan.

    E. Mineral: berfungsi untuk mengatur
    metabolisme tubuh. Contoh mineral yaitu:kalsium,fosfor,kalium,flour,
    iodium,zat besi,dll.

    2. Perbanyak minum air putih.

    Menurut ilmu kesehatan, dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih per hari. Terutama saat cuaca sedang panas. Dengan memperbanyak minum air putih, dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

    3. Olahraga secara teratur.

    Olahraga secara rutin sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup dengan meregangkan otot setiap pagi atau pemanasan, setelah itu dilanjutkan dengan berlari-lari kecil disekitar rumah.

    4. Tidur yang cukup.

    Istirahat yang cukup juga sangat penting. Jika kita kurang istirahat, maka akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu:
    -Menghambat pertumbuhan.
    -Ingatan semakin buruk.
    -Penampilan kulit yang buruk.
    -Obesitas.
    -Flu/influenza

    5. Mandi

    Mandi 2 kali sehari adalah suatu kewajiban untuk setiap orang. Mandi berguna untuk membersihkan kotoran dan kuman yang ada ditubuh dan terhindar dari berbagai penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, dll. Guanakan air bersih dan sabun anti kuman.

    6. Hindari merokok

    Hindarilah merokok karena mengandung zat-zat yang berbahaya, seperti CO, CO2, nikotin , dan tar yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti : kanker paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan bahkan kematian.

    7. Jauhi minuman beralkohol.

    Selalu  amati minuman yang anda konsumsi apakah mengandung alkohol atau tidak, karena alkohol selain bisa membuat penggunanya tidak sadar, juga dapat menimbulkan kerusakan organ-organ tubuh seperti : jantung, paru-paru dan hati.

    8. Jangan melakukan kebiasaan bergadang.

    9. Jauhilah makanan yang mengandung pengawet.

    Seperti borak dan formalin karena dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

    Baca juga 10 manfaat dan akibat mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu panjang

    10. Kurangi makanan siap saji.

    Jangan jadikan makanan siap saji sebagai makanan pokok sehari-hari. Karena di dalam nya terdapat zat-zat yang apabila di konsumsi dalam jangka lama akan metnyebabkan berbagai penyakit, seperti: obesitas,kerusakan hati,tekanan darah tinggi,dll.

    11. Tidak menggunakan handuk dan sikat gigi yang sama.

    Hindari penggunaan handuk dan sikat gigi yang sama walaupun dengan keluarga sendiri,hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan kuman dan penularan penyakit.

    12. Sikat gigi.

    Sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti gigi berlubang dan karang gigi. Untuk itu lakukan sikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur.

    13. Biasakan Berpikir Positif.

    Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Segala aktivitas akan dikoordinasikan dengan otak sebelum dijalankan oleh bagian tubuh. Pikiran positif akan menghindarkan anda dari
    stres, meningkatkan rasa percaya diri
    serta menjaga kinerja organ tubuh lainnya tetap maksimal.

    14. Jangan sekali-kali terlibat dengan narkoba.

    Macam-macam zat adiktif

    Dari beberapa informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa, cara untuk menjadi sehat cukuplah mudah tetapi sulit dilakukan jika kita tidak memulainya dari sekarang. Untuk itu cegahlah sedini mungkin, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

    Sekian dan Terima kasih

    No comments:

    Post a Comment

    Health

    Sains

    Tips Sehat