• Breaking News

    Saturday 10 September 2016

    7 Manfaat Lidah Buaya Yang Sudah Terbukti Khasiatnya

    Lidah buaya (aloe vera) adalah salah satu jenis tumbuhan yang telah ditemukan sejak ribuan tahun lalu dan dikenal sebagai produk kesehatan, antara lain yaitu untuk menyuburkan rambut, memghitamkan rambut dan sebagai perawatan kulit.

    Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak perusahaan yang mengembangkan khasiat lidah buaya menjadi berbagai produk kesehatan dan produk kecantikan.



    Kandungan-kandungan pada lidah buaya

    Lidah buaya terbukti menyimpan zat-zat yang penting seperti :
    • Vitamin : Vitamin A, B1,B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat.
    • Mineral : Kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium.
    • Enzim : Amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya sangat penting untuk sistem metabolisme tubuh.
    • Lidah buaya pun memiliki kandungan beragam asam amino yakni : arginie, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonone, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

    Manfaat lidah buaya

    1. Untuk merawat kulit.

    Sejak zaman Cleopatra, tanaman lidah buaya telah digunakan untuk melembabkan kulit. Tidak mengherankan jika hampir 75% kandungan dalam produk kosmetik pada zaman itu adalah gel lidah buaya. 

    Kandungan zat lignin  pada lidah buaya dapat menembus dan meresap kedalam kulit yang berguna sebagai pencegah hilangnya cairan dari lapisan permukaan kulit. Dengan demikian, kulit akan selalu dalam keadaan lembab dan tidak cepat kering.


    2. Menyuburkan rambut.

    Kandungan dalam alorle vera dipercaya untuk menyuburkan rambut. Didalam sebuah penelitian kesehatan, pengguanaan sampo lidah buaya secara teratur kepada orang yang rambutnya rontok dapat kembali tumbuh sedikit demi sedikit.

    Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya ini juga bisa untuk menghitamkan rambut anda.

    Cara meramu : cuci 2 pelepah lidah buaya, setelah bersih kupas kulit dan ambil isinya. Gosokan pada kulit kepala anda yang sudah dikeramas  di sore hari. Bungkus dengan  mengguanakan kain yang bersih. Bilaslah rambut anda dikeesokan harinya dan lakukan kegiatan ini  secara rutin selama 3 bulan.

    3. Mengatasi peradangan pada kulit.

    Banyak penyebab timbulnya peradangan  pada kulit, antara lain karena terpapar sinar matahari terlalu lama, sinar X, polusi udara, dan alergi terhadap makanan tertentu.

    Banyak ahli yang percaya bahwa gel yang diambil dari daging lidah buaya dapat mengatasi permasalahan ini.

    4. Menurunkan kadar gula dalam darah

    Bagi penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan dari lidah buaya, adapun cara meramunya adalah sebagai berikut : kupas kulit dan duri 1pelepah lidah buaya berukuran besar (kira-kira setelapak tangan). Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu dibilas dibawah air yang mengalir. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan dan minum  sebanyak 1/2 gelas, 2-3 kali sehari.

    5. Mengobati usus yang terluka

    Luka pada usus terjadi karena makanan yang masuk tidak terkontrol atau terlalu sering makan makanan keras yang terlewat merangsang asam lambung. 

    Mengkonsumsi lidah buaya diyakini dapat mengobati luka pada usus karena mengandung zat saponin yang mampu membersihkan dan sekaligus sebagai antiseptic.

    Senyawa antrakuinonnya berfungsi sebagai antibiotik, dan zat-zat lainnya berfungsi menjalankan peran epitelisasi atau merangsang pertumbuhan jaringan kulit dan sel-sel baru.

    6. Membantu metabolisme tubuh

    Kandungan enzim cellulose, amylose, protein dan biogenik simulator merupakan zat aktif yang dapat membantu metabolisme dan merangsang pertumbuhan  dan regenerasi sel-sel kulit.

    7. Menyembuhkan penyakit langganan

    Siapa sangka lidah buaya ternyata dapat mengatasi berbagai penyakit langganan pada anak-anak dan dewasa, antara lain demam, maag, sembelit, wasir, bisul, batuk, radang tenggorokan, sariawan, ruam, gigitan serangga, bahkan dapat menghilangkan jerawat dan mengikis noda hitam pada wajah.

    Masih banyak manfaat yang dapat dihasilkan oleh lidah buaya ini, penggunaan produk lidah buaya bisa sangat bermanfaat tetapi digunakan dalam porsi yang tepat.

    Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi sebuah produk, hendaklah dikonsultasikan dengan dokter mengenai dosis dan efek samping dari penggunaan produk tersebut, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Itulah beberapa manfaat dari lidah buaya semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

    10 comments:

    1. wih kebetulan nih, rambut ane lagi botak, makasih gan artikelnya

      ReplyDelete
    2. kirain cuman buat hiasan..
      Ternyata punya sejuta manfaat..
      Siip bro...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ane kira juga cuma taneman hias, eh malah banyak manfaatnya. Jadi sama-sama tau

        Delete
    3. ternyata banyak juga manfaat dari lidah buaya. di rumahku dulu banyak, tapi sekarang sudah dibuang

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dibuangi biar kagak semrawut kan? Padahal banyak manfaatnya lohh.

        Delete
    4. #BlueSky
      Bukannya buat saya aja XD
      Hehehe...

      ReplyDelete
    5. Ternyata Bunga Lidah Buaya Banyak Manfaatnya :D
      Makasih atas artikelnya gan

      ReplyDelete

    Health

    Sains

    Tips Sehat