• Breaking News

    Tuesday 30 August 2016

    pengertian seleksi alam dan bukti buktinya

    Sejarah ditemukannya seleksi alam


    Pada tahun 1800 an seorang ilmuwan ahli biologi, geologi, dan ekologi dari inggris bernama Charles Darwin mengemukakan suatu teori bersejarah yang sampai saat ini masih diterima banyak orang, meskipun ada juga yang mengakuinya dan ada juga yang meragukannya.

    Ia berhasil menemukan bukti-bukti adanya teori seleksi alam. Teori yang dikemukakan oleh Darwin ini ditemukan pada saat dia melakukan perjalanan panjang bersama rombongannya menggunakan kapal HMS Beagle

    Dalam perjalanan ini, rombongan HMS Beagle telah melakukan penyelidikan di sepanjang pantai timur dan pantai barat Amerika Selatan.


    Didalam penyelidikan itu, Darwin menemukan beberapa fakta yang sangat menarik perhatiannya mengenai siklus kehidupan beberapa jenis spesies makhluk hidup.

    Setelah melakukan pengamatan yang cukup lama, akhirnya Darwin menyimpulkan bahwa individu yang mempunyai sifat paling sesuai dengan lingkungan tertentu adalah yang dapat bertahan hidup dan mampu melanjutkan rantai keturunannya. 

    Dalam hal ini lingkungan alam melakukan proses yang disebut seleksi alam.

    Pengertian Seleksi Alam


    Kapal hms beagle

















    Pengertian dari seleksi alam itu sendiri adalah pemilihan yang dilakukan alam terhadap individu-individu yang mampu dan tidak mampu dalam menyesuaikan diri dan bertahan hidup pada iklim, suhu dan cuaca yang ada di alam tersebut.

    Individu-individu yang mampu bertahan akan tetap melanjutkan keturunannya dan yang tidak dapat bertahan hidup akan mengalami kepunahan sebagian atau keseluruhan.

    Menurut teori ini, alam merupakan pusat dari seleksi alam dengan berbagai keterbatasannya, lingkungan menyeleksi setiap makhluk yang hidup di lingkungan tersebut.

    Coba bayangkan kalau sobat berada di sawah, disana pastilah terlihat berbagai macam individu seperti padi yang tumbuh dengan suburnya, bayangkan juga bahwa di sawah itu terdapat dua jenis belalang yaitu belalang coklat dan belalang hijau.

    Menurutmu jenis belalang manakah yang paling mudah terdeteksi oleh pemangsa belalang?

    Dalam kasus ini alam melakukan seleksi terhadap jenis belalang melalui faktor-faktor penyeleksi yaitu burung pemakan belalang. Belalang yang berwarna cokelat, jumlahnya akan berkurang karena mudah terlihat oleh pemangsanya.

    Sedangkan belalang yang berwarna hijau sulit ditemukan oleh pemangsanya karena melakukan penyamaran di balik tanaman padi yang juga berwarna hijau.

    Bukti-Bukti Adanya Seleksi Alam

    Para ahli dan ilmuwan genetika meyakini bahwa seleksi alam itu ada dan berlangsung setiap saat terhadap semua individu organisme.

    Alam melakukan seleksi melalui berbagai faktor, yaitu :

    • Keterbatasan makanan
    • Keterbatasan lingkungan hidup
    • Pemangsa
    • Perubahan suhu
    • Iklim dan faktor manusia
    Bukti-bukti secara tidak langsung yang mendukung bahwa seleksi alam ini ada antara lain sebagai berikut:
    • Makhluk hidup memproduksi keturunannya lebih banyak dari pada yang bertahan hidup. Untuk mengendalikan hal ini, alam melakukan seleksi terhadap organisme agar mengurangi keturunan yang terlalu banyak.
    • Ditemukan adanya variasi diantara individu-individu didalam satu jenis.
    • Beberapa variasi dari anggota populasi berhasil bertahan dan menghasilkan keturunan lebih baik daripada yang lainnya.
    • Dengan berjalannya waktu, individu-individu anak yang memiliki variasi yang menguntungkan, akan mendukung pertumbuhan populasi.
    Seleksi alam memberikan hasil berupa individu-individu yang memiliki sifat paling baik dan paling cocok dengan lingkungannya.

    Oleh karena itu pada teori ini terdapat konsep yang sangat penting, yaitu "survival of the fitest". Prinsip konsep ini adalah "Yang terbaik adalah yang mampu bertahan hidup"

    Semisal jika tidak ada seleksi alam, mungkin makhluk-makhluk yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu seperti dinosaurus masih ada bersama dengan zaman peradaban manusia saat ini. 

    Dengan adanya seleksi alam ini, alangkah baiknya kita bersyukur tidak tinggal bersama dinosaurus tadi dan makhluk-makhluk besar lainnya.

    Demikianlah artikel yang dapat saya tulis semoga bermanfaat dan menjadi sumber wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

    Sekian dan Terima kasih.

    15 comments:

    1. wah, thanks info gan :D

      ReplyDelete
    2. Sebuah teori yang saya yakini dari anak2... :)

      ReplyDelete
    3. IPA banget nih hehe nice info

      ReplyDelete
    4. pelajaran ane pas sma ini gan,nice info gan

      ReplyDelete
    5. Jeleksi nga ada adanya ya seleksi alam siapa kuat di bertahan, namun kadang kala yang pengecut yang bisa bertahan

      ReplyDelete
    6. Walaupun saia tidak setudju dengan bang darrin tapi ada beberapa dari pemikiran dia yang harus lebih diteliti


      Game Android
      Makasih gan, bisa buat ngerjain tugas


      Informasi Terbaru
      Mantab dah sangat komplit sekaleee

      ReplyDelete

    Health

    Sains

    Tips Sehat